Obat Sakit Gigi untuk Anak Usia 3 Tahun , 4 Tahun , 5 Tahun , 6 Tahun , 7 Tahun

Obat Sakit Gigi untuk Anak Usia 3 Tahun , 4 Tahun , 5 Tahun , 6 Tahun , 7 Tahun ini adalah dari bahan alami tanpa efek samping , mau tahu ke ampuhannya silahkan lihat . , Simak penjelsannya di artikel Ini : .
Obat Sakit Gigi untuk Anak ini merangkap dari usia anak masih bayi 1 tahun sampai  7 tahun sedangkan beberapa obat sakit gigi sudah bisa digunkan untuk diatas usia 7 tahun ke atas namun ingat harus melalui resep doker .

Obat Sakit Gigi untuk Anak Usia 3 Tahun , 4 Tahun , 5 Tahun  , 6 Tahun , 7 Tahun

Jika anak usia 1 tahun itu masih jarang mengalami sakit gigi sebab bayinya juga belum memiliki gigi kecualai gigi susu .

Pada umumnya, gigi susu mulai tumbuh saat bayi berusia kurang lebih 6 bulan. Pada sebagian anak, ada yang munculnya lebih awal, ada pula yang lebih lambat. Jadi, jangan khawatir,

Bagaimana cara gigi tumbuh? Dimulai dengan gigi seri tengah rahang bawah. Dua gigi depan bawah akan tumbuh, diikuti oleh 2 gigi depan atas. Keempat gigi ini dikenal sebagai gigi seri tengah, yang berfungsi menggigit.

Setelah itu, gigi-geligi di sebelahnya akan muncil, baik sisi kiri atau kanan; serta gigi ini disebut gigi seri samping. Di sebelah gigi seri samping akan muncul gigi taring, dan diikuti oleh 2 gigi geraham di belakangnya.
Jadi, pada tiap sisi, anak mempunyai 5 gigi. Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah! Apa fungsi gigi yang lain? Gigi taring berfungsi mengoyakkan makanan, sedangkan gigi geraham untuk mengunyah makanan. Gigi susu akan lengkap jumlahnya pada saat anak berusia 2,5 sampai 3 tahun.

Gigi permanen akan mulai tumbuh menggantikan gigi susu pada saat anak berusia 6 tahun. Sama seperti gigi susu, yang pertama kali tumbuh adalah gigi depan bawah, yang diikuti oleh gigi depan atas, gigi geraham kecil, dan gigi geraham. Jumlah keseluruhannya adalah 32 buah, masing-masing sisi 8 gigi, yaitu 2 gigi seri, 1 gigi taring, 2 gigi geraham kecil dan 3 gigi geraham. di usia 6 tahu maka kadang akan terjadi sakit gigi akibat tumbuh gigi .

Setelah kita tahu bagaimana sturuktur dan tartib gigi maka kita perlu ketahui bagaimana cara untuk merawat gigi anak sehingga anak tidak pernah mengalami hal yang tidak diinginkan semisal gusi bengkak dan sakit gigi .

Cara Merawat Gigi Anak agar Tetap Sahat

Pertama, beri makanan sehat seimbang (sesuai piramida makanan) dan pas dengan usia anak. Misalnya, di usia 9 bulan makanan harus mulai agak kasar dan usia 1 tahun sudah bisa mengonsumsi makanan dewasa dalam versi agak lembut. Anak harus belajar mengunyah agar rahang dan giginya kuat.

Kedua, jaga kebersihan rongga mulut. Bersihkan rongga mulut selesai makan atau menyusu. Setelah gigi muncul, gunakan sikat gigi khusus bayi dan kontrol ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan.

Ketiga, jangan biarkan anak minum ASI/susu lain dari dot (apalagi jika minumnya sambil tiduran).Mulai usia 8 bulan, ajarkan bayi minum ASI perah dan minuman lainnya melalui gelas khusus bayi

Keempat, ajarkan anak untuk menahan diri dari makanan dan minuman manis, termasuk permen dan cokelat.  ini semua agar anak terhindar dari sakit gigi namu  Jika anak bunda terlanjur sudah mengalami sakit gigi, tentu mereka tidak akan merasa nyaman. Apalagi jika anak bunda masih berusia bayi, mereka akan cenderung menangis terus. Bisa jadi mereka mengalami penyakit lainnya sebab antibodi tubuh turun, karena kurang istirahat.

Obat Sakit Gigi untuk Anak

Obat Sakit Gigi untuk Anak
Bahan alami berikut dipercaya bisa membantu menyembuhkan sakit gigi pada anak. Bahan alami tersebut yakni minyak cengkeh.

Caranya cukup mudah dan bisa dipraktekkan di rumah. Pertama siapkan minyak cengkeh, lalu teteskan di kapas. Sesudahnya, oleskan kapas yang sudah ditetesi minyak cengkeh tersebut pada gigi anak yang sakit. Cara air garam yang dijelaskan sebelumnya juga dapat Anda gunakan, namun mungkin untuk bayi masih belum mengerti cara berkumur. Jadi bagi bayi, cara air garam kurang disarankan, bisa-bisa nanti air garamnya ditelan.

Bahan alami kedua ,  madu bisa anda gunakan untuk mengobati sakit gigi buah hati anda yaitu madu.
Obat Sakit Gigi untuk Anak anak 6 tahun
Selain lebih disukai anak anak karena rasa manisnya, madu ini cukup mudah dalam menggunakannya sebagai obat sakit gigi pada anak.

Caranya yaitu dengan mengoleskan beberapa tetes madu pada gigi atau gusi anak anda yang sakit, usahakan madu tersebut tidak langsung di jilat atau tertelan karena apabila tertelan dan terjilat, khasiat kandungan yang ada didalam madu akan hilang. Oleh karena itu, sebaiknya anda sebagai orang tua untuk sering sering mengoleskan madu ini kepada anak anda.

Obat Sakit gigi bagi anak ke tiga adalah garam , garam merupakan salah satu cara mengobati sakit gigi
Obat Sakit Gigi untuk Anak usia umur 7 tahun
pada anak usia 3 tahun selanjutnya. Garam ini digunakan sebagai obat kumur alami, caranya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok garam dengan segelas air putih hangat.

Namun karena rasa asin garam tidak disukai anak anak sebaiknya ketika setelah berkumur kumur anak anda diberi satu sendok madu agar anak anda tidak rewel. Air hangat ini juga berfungsi sebagai pereda bengkak yang ada digusi ketika seorang anak sakit gigi. bahan herbal alami untuk sakit gigi anak diatas cukup ampuh untuk mengobati sakit gigi anak dan sebagian diatas sudah pernah saya coba dan hasilnya memang benar manjur . sekianlah Obat Sakit Gigi untuk Anak Usia 3 Tahun , 4 Tahun , 5 Tahun  , 6 Tahun , 7 Tahun jika ada saran maka silahkan komentar di kolom komentar .

Artikel Terkait