Penyebab Gigi Keropos Erosi dan Cara Mencegahnya

Penyebab Gigi Keropos atau Erosi penting kita ketahui agar bisa menghindari dan terhindar dari masalah gigi yang satu ini . Gigi keroposumumnya disebabkan oleh produk yang kita konsumsi, terutama makanan dan minuman yang mengandung asam. Asam inilah yang menjadi faktor utama dalam “melarutkan” permukaan email gigi anda .

Pada mulanya , gigi kita memiliki pertahanan yang cukup baik dalam hal mengatasi erosi . sebab Allah telah merancang gigi bisa memperbaiki diri sendiri, menggunakan mineral-mineral yang disediakan oleh air liur. Namun , bila jumlah paparan asam ini terus meningkat dan non stop , maka gigi tidak akan mempunyai kesempatan untuk melakukan perbaikan pada dirinya sendiri. Hal inilah yang menyebabkan lapisan email gigi semakin tipis, dan ini disebut erosi gigi. Gigi yang mengalami kropos akan menjadi sangat sensitive terutama pada suhu panas dan dingin. Sehingga, gejala yang ditimbulkan sangat mirip sekali dgn gigi berlubang.

Penyebab Gigi Keropos Erosi dan Cara Mencegahnya

Semua jenis minuman yang bersoda; walaupun dengan jenis “diet” sekalipun; semua jenis minuman olahraga, serta jus buah yang asam telah lama diketahui sebagai pemicu erosi pada gigi. Biasakanlah untuk langsung menelan jenis-jenis minuman seperti ini, dan jangan (dengan sengaja) menahan dan menikmatinya di dalam mulut. Usahakanlah hanya mengkonsumsi jenis-jenis ini 1x sehari, pada saat makan siang.
Penyebab Gigi Keropos

Perlu Anda ketahui bahwa gigi rapuh dan keropos selalu dikaitkan dengan keadaan gigi yang mudah berlubang (karies). Proses terjadinya karies adalah akibat adanya ketidakseimbangan proses pelepasan mineral dari gigi dengan pengembalian mineral ke dalam gigi. Penyebabnya antara lain :

  1. Akumulasi dan melekatnya plak (sisa makanan) pada gigi.
  2. Sedikitnya jumlah faktor protektif alami seperti pelikel, saliva, dan plak yang bebas dari bakteri asidogenik.
  3. Frekuensi konsumsi karbohidrat yang sering.
  4. Sedikitnya asupan fluor.
Adanya hubungan sebab-akibat terjadinya karies diidentifikasi sebagai faktor resiko terjadinya karies. Beberapa diantaranya adalah :

  • Pengalaman karies dengan perkembangan karies di masa mendatang karena sensitivitas parameter yang hampir mencapai 60%.
  • Terlalu banyak menggunakan fluor yang teratur dan sistemik maupun lokal, seperti pasta gigi, gel, dan obat kumur merupakan hal yang penting untuk mengurangi karies. Sebaliknya, meningkatkan remineralisasi. Jumlah fluor dalam air minum dan makanan harus diperhitungkan, karena pemasukan fluor secara berlebihan dapat menyebabkan fluorosis (gigi dengan bercak putih).
  • Kebersihan mulut dengan penyingkiran plak dapat mendeteksi masalah gigi.
  • Jumlah bakteri di dalam mulut karena transmisi antarmanusia dari orang tua.
  • Air liur selain punya efek penetral asam, juga dapat membersihkan sisa-sisa makanan di dalam mulut.
  • Pola makan biasanya lebih bersifat lokal daripada sistemik, terutama dalam frekuensi mengkonsumsi makanan.

Cara Mencegah Gigi Keropos Atau Gigi Rapuh


Setelah kit mengetahui apa saja faktor penyebab gigi kropos maka disini akan membahas tentang tips mencegah erosi pada gigi anda saat ini :
1. Atur Pola Makan
Mengatur pola makan sangat penting dalam menjaga gigi anda, sebab makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan minuman ber gula tinggi menyebabkan keropos atau karies karena makanan berkabohidrat tinggi membutuhkan waktu lama baru bisa bersih dari gigi.
2. Tingkatkan Kerajinan Sikat Gigi
Rajin menggosok gigi minimal 2 kali sehari, dan untuk perawatan ekstra bisa menggosok gigi sebanyak 3 kali sehari, menggosok gigi minimal 2 kali sehari dapat mengontrol plak pada gigi anda yang dapat menyebabkan keropos.
3. Flouride
Pemberian flouride pada gigi juga sangat membantu untuk mencegah gigi keropor, oleh sebab itu gunakan pasta gigi berflouride dan juga obat kumur.
4. Tambal Gigi
Dan terakhir jika gigi anda sudah berlubang diakibatkan keropos maka lakukan lah tambal gigi sebab jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan gigi semakin rusak dan berpindah ke gigi yang lain, segera konsultasikan ke dokter jika gigi sudah berlubang. Itulah empat cara mencegah gigi keropos atau erosi semga manfaat .

Previous Post
Next Post