Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dan Permanen yang sudah bertahun tahun

Cara menghilangkan bau mulut tak sedap – Sering di sebut halitolis dalam dunia medis, bau mulut di sebabkan oleh banyak faktor. Pada penelitian hampir 90% bau mulut ini berasal dari adanya gangguan di rongga mulut, baik itu gangguan pada karies gigi atau gangguan pada infeksi jaringan penopang gigi. Akan tetapi bau pada mulut tidak hanya berasal dari mulut saja, akan tetapi penyebab lainnya juga bisa berasal dari hidung, jantung atau bisa juga bau mulut akibat adanya penyakit lain seperti kencing manis, infeksi pada paru – paru atau juga bisa karena adanya infeksi usus dan lambung. Bau mulut pada anak – anak sering di sebabkan adanya benda asing yang masuk ke hidung dan tidak terdeteksi sehingga menjadi busuk dan akan menimbulkan bau. Meski dari hidung asalnya akan tetapi ini di sebut bau mulut.

Daftar Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dan Permanen

Bau mulut juga bisa di sebabkan peradangan amandel kronis juga bisa menimbulkan bau mulut tak sedap. Penyebab bau tak sedap pada mulut lainnya ialah adanya asam lambung yang tinggi. Orang yang memiliki sakit maag jga akan memiliki bau mulut yang tak sedap. Asam dan basa yang tidak seimbang akan menimbulkan bau pada mulut. Ketika asam lambung kambuh amka asam lambung akan meningkat dan akan naik sampai tenggorokan sehingga menimbulkan bau mulut. Agar keasaman di almbung seimbang maka orang yang memiliki sakit maag harus sering makan tetapi porsinya sedikit atau bisa juga makan camilan.
Saat berpuasa kita akan jarang membersihkan gigi, padahal dengan rajin membersihkan gigi sebagai cara menghilangkan bau mulut yang membandel akan sangat efektif jika kita rutin melakukannya. Pada saat kita puasa dan selesai ashur, kita sering malas untuk gosok gigi karena mengantuk. Padahal zat asam yang terdapat pada sisa makanan jika tidak kita bersihkan akan meningkat dan menimbulkan bau. Jika kita tidak membersihkan sisa makanan yang terdapat pada sela – sela gigi, lidah dan gusi juga akaan menjadi pemicu munculnya bau pada mulut. Bakteri akan berkembang pada bagian – bagian yang sulit di bersihkan ini.
Makanan yang kita makan juga berpengaruh terhadap bau mulut, jika seseorang memakan bawang putih, petai, jengkol dan juga alkohol maka bau mulut juga akan tidak sedap. Makanan yang di serap oleh pembuluh darah yang masuk pada paru – paru akan di keluarkan dalam bentuk udara yang di hembuskan keluar. Rokok juga salah satu penyebab bau mulut. Seorang pria yang merokok akan memiliki bau mulut yang khas dariapad orang yang tidak merokok. Bau tak sedap pada mulut juga bisa di miliki oleh orang yang memiliki gigi palsu. Gigi palsu dan perlengkapannya mengandung metal yang jika tidak di bersihkan sempurna akan menimbulkan bau pada mulut dan cara menghilangkan bau mulut parah pun harus lebih ekstra.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dan Permanen yang sudah bertahun tahun

Tips Resep Menghilangkan bau mulut dengan bahan alami di rumah


Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut, diantaranya menggunakan bahan – bahan alami yang dapat kita buat sendiri di rumah, bahan – bahannya pun juga tersedia di alam jadi kita tidak mengeluarkan banyak biaya. Berikut ulasannya akan kami sajikan.

1. Menghilangkan bau mulut menggunakan kencur
Kencur sering kita gunakan untuk bumbu masakan akan tetapi kencur juga bisa kita gunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan menyiapkan kencur 20 gram, lalu cuci hingga bersih. Kunyah secara perlahan, sari dari kencur ini di minum dan buang ampasnya. Lakukan secara rutin sehari 3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Atau juga bisa dengan merebus 10 gram kencur, pinang dan juga tanaman adas, daun sirih 10 lembar, temu ros dan air ½ liter. Rebus hingga mendidih, saring ramuan tersebut dan minum seminggu 2 kali. Minum secara rutin dan teratur.

2. Menghilangkan bau mulut menggunakan daun sirih
Daun sirih sudah kita ketahui banyak manfaatnya, diantarnaya untuk merawat daerah kewanitaan, akan tetapi daun sirih juga dapat kita gunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang alami. Yaitu dengan meremas daun sirih dan rebus hingga mendidih. Saring ramuan ini dan airnya di dinginkan dan jadikan obat kumur. Cara lain adalah menggunakan daun sirih dan lengkuas yang di geprek lalu di rebus. Rebusan ini jadikan obat kumur setiap bangun tidur.

3. Menghilangkan bau mulut menggunakan teh hijau
Sekarang teh hijau atau green tea ini sering di gunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, kandungan anti oksidan yang tinggi dan juga senyawa aktif catechin dapat kita gunakan untuk membunuh kuman penyebab bau mulut. Seduhlah teh hijau dan minum 2 gelas setiap harinya, jika ingin menambahkan pemanis tambahkan sedikit saja. Mudah bukan cara menghilangkan bau mulut dengan teh hijau ini ?

4. Menghilangkan bau mulut menggunakan madu
Madu banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Salah satunya untuk menghilangkan bau mulut. Madu yang di campur dengan jeruk nipis yang di peras akan membuat bau mulut Anda menjadi harum. Cara menghilangkan bau mulut setelah makan pete ini akan efektif bila di lakukan secara rutin 1 hari sekali.

5. Menghilangkan bau mulut menggunakan ketumbar
Kandungan anti bakterial pada rempah satu ini akan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut dengan ketumbar ialah dengan menyiapkan ketumbar dan merebusnya. Lalu minum air rebusan tadi rutin setiap harinya.

6. Menghilangkan bau mulut menggunakan kayu manis
Baunya yang harum dan sedap dapat kita gunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami. Caranya ialah dengan memakai kayu manis yang telah di keringkan lalu seduh dengan air panas dan minum rutin sehari dua kali agar hasilnya maksimal.

7. Menghilangkan bau mulut menggunakan buah – buahan segar
Dengan mengkonsumsi buah – buahan segar maka produksi air liur akan bertambah dengan kandungan air yang ada pada buah – buahan. Produksi air liur meningkat maka bakteri penyebab bau mulut akan berkurang. Mengkonsumsi buah secara rutin sebagai cara menghilangkan bau mulut karena gigi palsu sangatlah efektif. Buah – buahan tersebut adalah :
  • Stroberry , kandungan vitamin C dan juga nutrisinya akan membantu menghilangkan bau mulut Anda.
  • Lemon, lemon banyak mengandung vit C dan juga anti bakterial alami.
  • Buah pir, buah pir memiliki tekstur yang kasar sehingga bisa menghilangkan karang gigi.
  • Jambu biji

8. Menghilangkan bau mulut menggunakan air putih

Kita ketahui bahwa air putih dapat mencegah munculnya dehidrasi, dehidrasi bisa mengakibatkan mulut menjadi kering. Mulut yang kering akan mengakibatkan bakteri mudah tumbuh dan menyebabkan bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dengan air putih adalah dengan meminum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Sehingga kebutuhan cairan akan tercukupi dan mau mulut juga akan hilang.
Baca lagi artikel kesehatan gigi lainnya: Cara Menghilangkan Bau Ketiak Yang Menyengat Permanen Secara Tradisional.

Cara mencegah bau mulut Saat Bangun Tidak dan Saat Puasa

Untuk mencegah munculnya bau mulut dan apabila sedah sembuh jugatidak bisa kembali lagi, maka tips di bawah ini adalah cara mencegahnya. Tetapi jika Anda telah mengalami bau mulut maka lakukan cara menghilangkan bau mulut di atas.
  1. Gosok gigi secara rutin sesudah makan dan sebelum tidu. Gunakan pasta gigi yang aman. Jangan terlalu melakukan gerakan yang kasar ketika menggosok gig, karena menggosok gigi secara keras justru akan merusak enamel gigi.
  2. Sediakan permen mint pada saku celana atau tas Anda. Juga bisa permen karet rendah gula. Perment karet akan merangsang produksi air liur sehingga bakteri tidak akan mudah tumbuh. Permen karet juga akan melapisi gig dari asam plak.
  3. Mengkonsumsi yoghurt setiap hari terbukti membunuh bakteri penyebab bau mulut. Anda bisa memilih yoghurt tanpa tambahan gula.
  4. Berhentilah merokok dari sekarang juga. Rokok mengandung zat yang bisa menyebabkan bau mulut, jika Anda sudah menerapkan cara menghilangkan bau badan maka harus di imbangi dengan berhenti merokok agar hasilnya dapat cepat terasa. Jika sulit untuk berhenti dari rokok Anda bisa membeli nikotin tempel di apotik untuk berhenti dari rokok secara perlahan.
  5. Konsumsi keju tinggi kalsium tapi rendah karbohidrat, keju mengandung anti bakteri dan merangsang produksi air liur.
  6. Bersihkan lidah Anda secara rutin sehabis gosok gig. Karena bakteri penyebab bau mulut tidak hanya terdapat pada sela – sela gigi saja akan tetapi juga terdapat pada lidah. Anda bisa menggunakan pembersih lidah khusus atau bisa juga menggunakan permukaan lain dari sikat gigi.
  7. Setelah Anda menerapkan cara menghilangkan bau mulut busuk dengan rajin menggosok gigi, maka imbangi dengan menggunakan obat kumur yang mengandung anti bakteri. Obat kumur ini bisa Anda terapkan ketika bangun tidur, karena saat kita tidur banyak bakteri yang ada pada mulut. Lakukan secara rutin setiap pagi.
  8. Menggosok gigi saja tidak cukup, jika perlu gunakan benang gigi. Benang gigi ini akan membersihkan sisa – sisa makanan yang terdapat pada gigi yang tidak bisa di bersihkan dengan sikat gigi saja. Karena jika ada sisa makanan maka bakteri akan mudah muncul dan menyebabkan munculnya bau mulut yang tidak sedap. Selain itu juga bisa memunculkan karang gigi dan juga plak pada gigi.
  9. Jika Anda menggunakan kawat gigi maka Anda harus rajin membersihkannya. Kawat gigi ini berfungsi untuk merapikan gigi. Pada perawatan orang yang menggunakan kawat gigi harus ada pearwatan esktra. Karena kawat gigi memerlukan sikat gigi dan pasta gigi khusus. Pada kawat gigi terdapat sela – sela di antara gigi dan kawat gigi, jika tidak di bersihkan secara benar maka akan menimbulkan bakteri dan akan menjadi penyebab bau mulut. Lakukan perawatan kawat gigi secara menyeluruh agar tidak ada sisa makanan yang terdapat pada gigi.
  10. Apabila Anda sudah melakukan cara di atas tapi bau mulut juga tidak hilang maka segeralah mengunjungi dokter, untuk mendapatkan perawatan yang maksimal dan tepat. Dan tentunya agar Anda terhindar dari semua masalah bau mulut.
Itulah beberapa upaya yang dapat Anda lakukan sebagai Cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen. Anda dapat memilih salah satu dari cara di atas. Terapkan satu cara dan alkukan secara rutin dan lihat hasilnya. Semoga menjadi informasi bagi Anda dan selamat mencoba. Sekian dari http://sakitgi2.blogspot.com/ dan terima kasih.
Previous Post
Next Post