Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dan Berdarah Akibat Gigi Berlubang secara Alami dengan Cepat

Sekalipun letaknya di dalam mulut dan tak selalu terlihat dari luar, namun gigi dan gusi memiliki fungsi yang luar biasa untuk proses makan. Sebab dengan menggunakan gigi kita bisa mencabik, memotong dan mengunyah makanan sampai halus. Bayangkan saat ada masalah dengan gigi, atau bengkak pada gusi, maka kita tidak bisa makan dengan nikmat seperti sediakala. Maka karena itu, saat gigi dan gusi mulai merasa ada masalah, segera cara mengatasi gusi bengkak sebelum semua terlambat.

 Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dan Berdarah Akibat Gigi Berlubang secara Alami dengan Cepat

Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dan Berdarah Akibat Gigi Berlubang secara Alami dengan Cepat
Pernah mengalami gusi bengkak? Ada banyak hal yang menjadi penyebab gusi bengkak, salah satunya adalah gigi yang berlubang. Sebab gusi yang merupakan jaringan kokoh dengan warna pink kemerahan ini, mengandung banyak pembuluh darah yang kecil-kecil dan sangat rapat. Jadi saat ada masalah dengan gigi, maka pembuluh darah akan dengan segera mengalami reaksi, salah satunya adalah bengkak dan berdarah.
Rahang atas dan bawah dibungkus dengan menggunakan gusi, menjadi fondasi pertumbuhan gigi dan jadi tak heran apapun yang terjadi pada gigi, akan berdampak pada gusi. Kasus gusi bengkak terjadi karena adanya inflamasi dan membuat gusi berwarna lebih merah daripada warna gusi yang sehat. Kemudian gusi juga kadang jadi menonjol, bahkan ada warna kekuningan di ujungnya karena nanah. Gusi bengkak tak lebih baik daripada sakit gigi, karena terkadang terasa berdenyut denyut nyeri dan seakan bisa kapan saja meledak. Gusi bengkak yang seperti ini biasanya diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri, atau karena kekurangan vitamin C.

Selain itu ada juga gusi bengkak karena gigi yang berlubang, hal ini biasanya mengakibatkan sakit yang terasa dobel. Karena bukan hanya gusi yang terasa sakit, namun giginya yang keropos atau berlobang terasa seperti menggigit-gigit. Gusi bengkak akibat gigi berlubang ini biasanya akan berdarah jika kita menggosok gigi, parahnya lagi ada yang bengkaknya sampai mengakibatkan pipi besar sebelah, wajah pun jadi tidak simetris lagi. Sakitnya jangan ditanya, luar biasa! Maka jika kita pernah mengalami masalah ini, atau belum, maka sebaiknya siap-siap cara mengatasi gusi bengkak, ya!

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Penyebabnya

Jika kita mengalami sakit gusi karena gigi yang berlubang, jika ada daging yang tumbuh dari celah gigi yang berlubang, maka itu disebut sebagai polip pulpa, merupakan sesuatu yang tampilannya terlihat seperti sejenis daging yang tumbuh keluar. Dagingnya lunak dan akan mudah berdarah apabila terkena makanan yang keras atau terkena bulu sikat saat menggosok gigi.

Jangan bersikeras untuk mencabut gigi ini, karena akibatnya akan sangat berbahaya. Jadi satu-satunya cara mengatasi gusi bengkak dan berdarah ini adalah dengan mempertahankan gigi supaya tidak dicabut dan kemudian lakukan perawatan akar. Kemudian gigi yang berlubang itu direstorasi sampai kembali utuh, boleh menggunakan tambalan logam tuang atau mahkota tiruan, perawatan itu bergantung dari sisa-sisa jaringan gigi kita.

Sementara itu apabila kita menemukan darah yang keluar dari gusi, maka bisa jadi karena kebersihan mulut dan gig yang kurang baik sehingga mengakibatkan terjadi penumpukan plak. Plak inilah yang menjadi media tumbuh kembang bakteri yang akibatkan gusi meradang, lebih-lebih jika plak mengeras dan jadi karang gigi.
Si karang gigi ini makin membahayakan gusi, membuatnya meradang dan jadinya berdarah tiap kena sentuhan yang agak keras (misal gosok gigi). Cara mengatasi gusi bengkak karena karang gigi ini harus ke dokter gigi, sebab sikat gigi an kumur-kumur saja tak bisa atasi karang gigi.

         Baca jugaPenyebab Gusi Bengkak Bernanah Dan Berdarah pada Gigi Berlubang dan Cara Mencegahnya

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Cepat Tanpa Sakit

Mengobati gusi yang bengkak dan berdarah tidak selalu sulit kok, karena kita bisa mengatasi gejala awalnya dengan beberapa resep herbal sederhana di bawah ini :

- Cara Mengatasi Gusi Bengkak  dgn Larutan garam : gunakan larutan garam untuk kumur-kumur setidaknya tiga kali sehari, sampai bengkak di gusi hilang. Kisaran waktunya sekitar tiga hari sampai satu minggu penyembuhan. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu dengan cara melarutkan dua sendok garam dalam segelas air hangat.

- Cara Alami Mengatasi Gusi Bengkak pakai Minyak cengkeh : minyak hasil ekstraksi biji cengkeh ini punya aroma yang sangat khas dan tajam, khasiatnya sangat jitu untuk mengobati gigi dan gusi yang tengah sakit. Caranya cukup olesi bagian yang sakit dengan minyak cengkeh yang diteteskan ke kapas. Kemudian untuk sakit gigi bisa gunakan gumpalan kapas kecil yang sudah dilumuri minyak cengkeh lalu jejalkan ke lobang gigi.

- Tips Mengatasi Gusi Bengkak menggunakan  Jeruk nipis : menggunakan perasan sebutir buah jeruk nipis merupakan cara mengatas gusi bengkak yang lainnya. Cara menggunakannya adalah sebelum tidur dan pagi hari saat anda baru bangun tidur. Peras sebuah jeruk nipis dan campurkan airnya pada segelas air hangat, gunakan untuk berkumur.

- Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Bawang merah : bumbu masak ini bisa meredakan bengkak lho! Caranya dengan memarut bawang merah lalu tempelkan pada gusi yang bengkak. Ramuan bawang merah ini sangat ampuh meredakan sakit di gusi, tapi sebab bau dan aromanya yang pekat itu jarang ada yang mau menggunakan bawang sebagai cara mengatasi gusi bengkak dan bernanah.

- Cara Mengatasi Gusi Bengkak Menggunakan madu : madu adalah bahan alami yang memiliki satu juta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kita. Menggunakan madu yang dioleskan ke bagian gusi yang bengkak bisa membantu pengobatannya lho. Jadi oleskan madu secukupnya tiga kali sehari, lakukan terus sampai reda bengkaknya.

- Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Trapi Pijatan gusi : memijat gusi yang sakit tak perlu dilakukan oleh ahli, sebab kita juga bisa melakukannya sendirian. Caranya cukup dengan menggunakan telunjuk dan memijat bagian gusi yang bengkak dengan gerakan memutar dan berulang-ulang. Tapi pastikan jari yang kita gunakan bersih ya?

        Baca juga:Obat Gusi Berdarah Terus Menerus Secara Alami Dan Resep Dokter di apotik

- Cara Mengatasi Gusi Bengkak tanpa obat dgn Hindari stres : sakit gigi dan mengakibatkan gusi yang bengkak bisa diakibatkan oleh stres. Maka cara mengatasi gusi bengkak dengan menghindari stres adalah cara pilihan yang terbaik. Usahakan selalu rileks, selingi waktu kerja dengan istirahat sambil mendengarkan musik instrumental.

- Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Modifikasi makanan diet : jika kita tengah dalam diet, tak menutup kemungkinan harus mengurangi atau bahkan menghilangkan salah satu jenis makanan dan bisa berpengaruh pada malnutrisi sehingga gigi berlubang dan mengakibatkan gusi berdarah. Mengecek ulang kandungan nutrisi dan vitamin pada menu diet adalah cara ampuh untuk menghindari kemungkinan gusi bengkak dan berdarah.

- Cara Mengatasi Gusi Bengkak bahan alami seperti Kulit andong : bagi sebagian daerah, mungkin nama andong sedikit aneh, tapi fungsinya untuk meredakan bengkak pasti bisa mencengangkan kita. Cuci kulit andong sampai bersih betul, lalu kunyah dan campur garam lalu tempelkan di gusi yang sakit.

Demikian adalah beberapa cara mengatasi gusi bengkak, dari mulai menggunakan larutan garam sampai menggunakan kunyahan kulit andong. Tetapi yang paling penting adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, rajin cek kesehatan gigi ke dokter dan lakukan perawatan rutin dengan menggunakan pasta gigi berfluoride serta rajin berkumur dengan mouthwash.
Previous Post
Next Post