10 Anjuran Cara Menjaga Kebersihan Kesehatan gigi dan Mulut Anak Lansia Menurut Who dan Dalam Islam

Assalamualaikum Selamat datang Di http://sakitgi2.blogspot.com/ Kumpulan obat sakit gigi baik dari herbal alami maupun obat kimia resep dokter di apotik.
Anjuran menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut dalam islam adalah  mulai sejak dini dan hingga lansia karena agama islam sangat menghargai kesehatan dan sangat menghargai hak asasi manusia dalam kondisi yang wajib pun ada toleansi misalkan puasa jika kamu sakit maka ada keringanan karena Islam sangat menghargai hak asasi manusia sama halnya dengan menikah kiai dan masyarakat biasa sama-sama dianjurkan menikah bahkan hukumnya sunnah karena Islam memang selalu menjaga hak dasar manusia . So Islam adalah agama sempurna benar-benar membimbing manusi mulai dari dunia sampai akhirat serta membuat standar kesehatan baik badan ataupun gigi .

Di mana islam selalu menganjurkan kebersihan , menghindari bakteri dan bahkan makruh kita memakai pakaian bernajis karna itu ada bakterinya tak terkecuali Islam memakruhkan menelan air lidah yang bercampur darah gusi bahkan kalo yakin itu darah maka di rahamkan sebab bisa menyebakan dan mendatang penyakit baru . So , kesehatan gigi dan mulut harus kita jaga . Cara nya bagaimana ? lihat di bawah ini .

10 Anjuran Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Anak Lansia Menurut Who

 Kesehatan gigi dan Mulut
Pengertian Kebersihan kesehatan Gigi dan Mulut adalah praktek melakukan penjagaan kebersihan dan kesehatan mulut dengan cara menyikat dan melakukan flossing untuk mencegah timbulnya problem pada gigi. Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi yang saya rangkum dari World Health Organization (WHO) dan pengalaman pribadi dari dan juga sahabat-sahabat :


1. Berkumur setelah makan

Saat anda selesai makan dan tidak sempat menyikat gigi, cara praktis yang bisa anda lakukan adalah dengan membiasakan berkumur setelah makan. Walauoun anda hanya memakan cemilan perlu bagi anda berkumur agar sisa makanan tidak lama tinggal pada gigi dan juga lidah.


2 Bersihkan Lidah lidah

Jika membersihkan lidah dengan sikat gigi anda terasa aneh, maka anda tidak perlu khawatir. Sebab banyak sekali tersedia pembersih lidah yang bisa anda gunakan. Namun ingat bahwa anda tetap harus menggunakannya dengan lembut sebab hal itu bisa saja merusak lidah anda karena tergores dan juga luka.
3. Flossing-lah sebelum menyikat gigi

Flossing adalah cara pembersihan sela gigi dengan menggunakan benang. Flossing akan mengeluarkan sisa makanan yang terjebak di sela gigi sehingga membantu penyikatan gigi menjadi lebih efektif. Saat menyikat gigi tiba, pastikan menyikat dengan sudut 45 derajat pada garis gusi dengan gerakan lembut.

4. Gosoklah gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi? Setelah makan pagi dan sebelum tidur.

5. Sikat gigi yang benar
Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.

6. Jaga Makanan
Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, atau makanan bertepung. Sisa-sisa makanan ini dapat melekat pada gigi.Konsumsi buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi seperti apel, wortel, dan seledri.

7 .Jangan Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol dinilai sangatlah berbahaya, bukan hanya untuk kesehatan tubu secara keseluruhan namun lebih khusu lagi terhadap kesehatan dan juga kebersihan gigi dan mulut, terkhusu lagi untuk lidah anda. Berhentilah minum minuman beralkohol dan seringlah mengonsumsi air ineral yang steril demi kebersihan lidah anda.
8. Hindari Memberi makanan saat Tidur pada anak
Jangan berikan makanan atau minuman kepada anak-anak menjelang tidur tanpa melakukan penyikatan gigi atau pembersihan gigi setelahnya. Bila anak terbiasa meminum susu dalam botol menjelang tidur sampai tertidur, bersihkan giginya dengan kapas atau kain yang telah dibasahi.

9. Batasi menggunakan botol susu pada bayi
Menghisap terus-menerus pada botol akan menggenangi gigi bayi dengan cairan manis dan hal ini dapat menyebabkan kerusakan dini pada gigi bayi anda. Kalau memungkinkan hindari penggunaan botol dalam pemberian susu untuk bayi anda.

10. Jangan takut ke dokter gigi
Beberapa orang merasa ngeri bila harus ke dokter gigi. Membayangkan peralatan di ruang dokter gigi saja terasa menyeramkan. Jika merasa cemas berada di ruang dokter gigi, cobalah untuk membawa pemutar musik dengan daftar lagu kesayangan Anda. Kemudian, cobalah untuk bernapas teratur. Jangan menahan napas. Dengan begitu, peredaran darah akan lancar sehingga membantu Anda mengurangi ketegangan. Dan jangan malu mengungkapkan soal ketegangan Anda kepada dokter. Dengan begitu, ia bakal membantu Anda merasa nyaman. Itulah tips dan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut serta lidah .

Artikel Terkait