7 Tips Mengatasi Gusi Bengkak Karena Gigi Tumbuh di Gusi Bawah dan Atas Pada Anak

Mengatasi gusi bengkak karena gigi tumbuh pada anak merupakan suatu hal yang kadang memusingkan bagi para orang tua. Rata-rata anak akan mulai tumbuh gigi pada usia 6 bulan. Gigi yang biasanya tumbuh pertama kali adalah gigi depan bagian bawah, dan setelah itu akan tumbuh gigi depan bagian atas. Reaksi yang ditunjukkan oleh para anak ketika tumbuh gigi akan berbeda-beda. Ketika gigi anak pertama kali tumbuh, diantara mereka ada yang sering mengeluarkan air liur, senang menggigit benda apapun terutama yang keras, serta merasa gatal pada bagian gusi mungkin rasa gatal itulah yang menyebabkan anak sering menggigit.

Tips Mengatasi Gusi Bengkak Karena Gigi Tumbuh di Gusi Bawah dan Atas Pada Anak

7 Tips Mengatasi Gusi Bengkak Karena Gigi Tumbuh di Gusi Bawah dan Atas Pada Anak
Ketika anak mulai tumbuh gigi, bagaimana cara mengatasi gusi bengkak sang anak? Tentunya hal itu menjadi pertanyaan setiap orang tua. Seperti yang kita ketahui, ketika tumbuh gigi akan menyebabkan gusi menjadi bengkak. Hal tersebut akan membuat anak menjadi tidak nyaman dan rewel. Bahkan karena gusi yang bengkak akan menyebabkan anak sulit tertidur ketika malam hari. Rasa tidak nyaman akibat gusi bengkak membuat anak gelisah dan tidak bisa terlelap seperti biasanya. Melihat anak kesakitan karena gusi bengkak akan membuat kita sebagai orang tua menjadi panik dan tentunya tidak tega melihatnya. Adakah tips untuk mengatasinya? Jangan khawatir, kita akan membahasnya.

Tips Mengatasi Gusi Bengkak Karena Gigi Tumbuh Pada Anak :

1. Menggosok gusi anak
Menggosok gusi anak bisa menjadi cara pertama mengatasi gusi bengkak. Gosoklah dengan lembut gusi anak kita menggunakan jari yang bersih atau bisa juga menggosoknya dengan mengmenggunakan kain kasa steril. Dengan menggosok gusi anak yang bengkak, akan memberikan sedikit tekanan pada gusi dan bisa meredakan gatal dan rasa tidak nyaman pada gusi anak kita. bagaimana jika menggosok menggunakan tissue? Hal tersebut jangan dilakukan karena tissue bisa dimakan oleh anak kita. Oleh karena itu, gunakanlah jari kita yang bersih untuk menggosoknya.

2. Memberikan makanan keras.
Anak yang mulai tumbuh gigi tentu sudah mendapatkan makanan tambahan selain ASI atau MPASI. Nah, jika sikecil sudah mendapatkan MPASI maka berikanlah makanan yang bersifat keras seperti wortel. Caranya yaitu dengan mengupas wortel terlebih dahulu lalu dipotong. Potongan wortel jangan terlalu kecil. Dengan wotel tersebut maka rasa gatal dan sakit akan teralihkan kepada wortel.

3. Memberikan kain kasa dingin
Cara mengatasi gusi bengkak pada anak selanjutnya adalah dengan memberikan kain kasa dingin pada gusi anak kita yang bengkak. mengapa kain kasa dingin? Kain kasa dingin dapat meredakan rasa sakit karena gusi bengkak pada anak. Caranya yaitu dengan menyimpan kain kasa selama 15 menit di lemari es. Setelah 15 menit, berikanlah pada anak kita dan biarkan dia menggigitnya. Dengan begitu, rasa sakit akibat gusi bengkak pada anak dapat mereda sedikit demi sedikit. Pastikan juga kain kasa tidak sampai beku karena dapat menimbulkan efek tidak baik pada anak. Seperti yang disebutkan diatas, 15 menit cukup untuk mendinginkannya.

4. Memberikan handuk dingin
Seperti yang kita ketahui, anak yang sedang tumbuh gigi akan senang sekali jika menggigit sesuatu karena rasa gatal yang ada pada gusi. Oleh karena itu, handuk atau kain bisa menjadi solusi mengatasi gusi bengkak pada anak. Kain yang bersifat fleksibel jika digigit akan mengikuti rongga mulut anak. Bagaimana caranya? Pertama dinginkanlah handuk dan setelah dingin berikan pada anak biarkan dia menggigitnya karena dapat mengalihkan perhatian rasa sakit akibat gusi bengkak. jangan lupa untuk memilih handuk yang bersih dan berbahan kuat agar tidak termakan oleh anak ketika digigit.

5. Mengatasi Gusi Bengkak pakai mainan khusus anak tumbuh gigi
Mengatasi gusi bengkak dengan mainan mungkin akan menjadi obat mujarab bagi anak yang sedang kesakitan karena gusi bengkak. mainan khusus ini berisi air didalamnya atau jel dan memiliki bentuk lucu beraneka ragam. Biasanya berbentuk lingkaran untuk dapat digenggam oleh anak. Dengan bahan tersebut yaitu air dan jel bersifat lunak sehingga jika digigit oleh anak akan aman.

6. Mengatasi Gusi Bengkak dgn obat khusus tumbuh gigi
Di apotek banyak tersedia obat untuk meredakan gusi bengkak pada anak karena sedang tumbuh gigi. Cara kerjanya yaitu dengan mengoleskan obat tersebut pada gusi anak yang bengkak. setelah obat dioleskan pada anak, rasa sakit karena gusi bengkak akan mereda perlahan. Akan tetapi, gunakan obat seperti ini hanya jika diperlukan dan sebaiknya konsultasikan terlebih dulu kepada dokter agar tidak membahayakan sang anak.


7. Konsultasikan ke dokter
Jika gusi bengkak yang dialami anak membuat dia sangat rewel dan tidak mau menerima ASI dan menolak untuk makan karena gusinya bengkak, maka segera konsultasikan ke dokter untuk tindakan selanjutnya. Dengan pergi ke dokter kita akan lebih tenang menghadapi anak yang sedang rewel karena gusi bengkak tand atumbuh gigi. Biasanya dokter akan memberikan resep obat yang dapat mengurangi dan meredakan rasa sakit akibat gusi bengkak untuk anak kita.

Tips-tips diatas adalah tips umum yang biasa dilakukan para orang tua terutama para ibu dalam mengatasi gusi bengkak pada anak mereka yang sedang tumbuh gigi. Cobalah beberapa tips diatas jika anak sedang mengalami hal serupa. Selain tips diatas, terdapat ramuan obat tradisional yang bisa kita buat dan berikan pada anak untuk meredakan gusi bengkak akibat tumbuh gigi. Apa saja bahan tradisional tersebut? simak ulasan berikut.

Mengatasi Gusi Bengkak Menggunakan Bahan-bahan Tradisional :

1. Air garam
Air garam memang dikenal dapat menyembuhkan berbagai macam keluhan yang berhubungan dengan gigi dan gusi atau sekitar mulut. Dan gusi bengkakpun dapat diredakan menggunakan air garam. Caranya yaitu dengan melarutkan 1-2 sendok garam ke dalam segelas air hangat. Aduklah larutan garam tersebut dan airnya bisa digunakan untuk berkumur. Lakukanlah hal tersebut secara teratur 2 kali sehari. Namun bagaimana jika anak belum bisa berkumur? Maka kita bisa menyiasatinya dengan mencelupkan kasa atau kain bersih pada air garam tersebut lalu oleskan pada gusi bengkaknya. Cukup mudah untuk dilakukan bukan? Cobalah membuat air garam jika anak kita mengalami gusi bengkak karena tumbuh gigi selain obat untuk anak yang tumbuh gigi bisa juga dipakai untuk mengatasi gusi bengkak saat hamil pada ibu hamil .


2. Bawang putih
Selain digunakan untuk memasak, bawang putih bisa menjadi obat mengatasi gusi bengkak. kandungan antiseptik yang terdapat pada bawang pustih dapat membunuh kuman penyebab gusi bengkak pada anak. Ambilah 1 siung bawang putih, lalu dikupas kulitnya kemudian iris tipis hingga getah bawang putih keluar. Setelah itu, oleskan irisan bawang tersebut pada gusi yang bengkak. selain itu bisa juga bawang putih tersebut dihaluskan dan dicampur dengan garam kemudian baru dioleskan pada gusi yang bengkak.Bagai mana mudahkan cara mengatasi gusi bengkak dan bernanah ini ! silahkan aplikasikan pada si kecil di rumah .


Demikianlah ulasan mengenai tips mengatasi gusi bengkak karena tumbuh gigi pada anak. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat terutama bagi para orang tua yang sedang mempunyai anak yang sedang rewel akibat tumbuh gigi. Terima kasih.
Previous Post
Next Post