Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Secara Tradisional karena Hamil Gingivitis , Kurang Vitamin B dan C

Inilah langkah atau Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Secara Tradisional (Mengobati Gusi Bengkak) yang bisa anda gunakan untuk obati sakit gusi anda saat ini , Simak penjelsannya di artikel Ini : .
Jika kita kurang merawat kesehatan mulut, atau karena kita mengalami malnutrisi vitamin C, maka kita bisa mengalami gusi bengkak. Dari mulai bengkak kecil sampai menonjol dan bernanah. Rasa sakitnya tidak main-main, sebab tak jarang bisa membuat kepala terasa sakit dan nyeri, sebab gusi yang bengkak akan berdenyut-denyut dan sakitnya seakan-akan gusa bengkak tersebut siap meledak kapanpun. Sebelum semuanya terlambat, lebih baik kita cari mengobati gusi bengkak.

Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Secara Tradisional karena Hamil  Gingivitis , Kurang Vitamin B dan C

Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Secara Tradisional karena Hamil  Gingivitis , Kurang vitamin B dan C
Gusi merupakan salah satu bagian di dalam mulut, berwarna pink kemerahan dan mengandung begitu banyak pembuluh darah yang amat kecil dalamnya tersebut. Gusi juga merupakan alas tumbuhnya gigi, menempel di tulang rahang atas dan rahang bawah. Maka jangan heran jika apa yang terjadi pada gigi, maka gusi juga akan ikut kebagian getahnya.

Gusi yang meradang atau bengkak, akan terlihat jelas merah dibandingkan dengan gusi yang tak sakit. Gusi yang bengkak juga macam-macam, dari yang gejala ringan dan sembuh sendiri sampai ada yang harus dioperasi segala. Dalam gusi yang bermasalah, biasanya bentuk bengkak itu bulat dan tak seberapa besar, tapi agak kuning kehijauan di ujungnya yang berarti mengandung nanah. Maka, sebelum gusi bengkak membawa masalah yang besar, maka segera cari cara alami untuk mengobati gusi bengkak.

Gusi yang bermasalah, terlihat menonjol dan terasa tak nyaman di mulut. Terkadang gusi yang bengkak akan mudah berdarah jika terkena sentuhan, misalnya karena menggosok gigi atau makan makanan yang keras teksturnya. Untuk mengurangi dan menghilangkan sakit akibat gusi bengkak, maka kita harus mengetahui penyebab gusi bengkak itu sendiri, jadi penanganannya bisa tepat.

Sebelum Mengobati Gusi Bengkak Secara Tradisional Maka Kenali Penyebabnya

Menurut medis, ada banyak sekali penyebab gusi bengkak. Tetapi jika disortir sesuai dengan sebab dan gejala yang muncul, maka berikut adalah beberapa penyebab gusi bengkak :

1. Gingivitis. Yang satu ini dikenal juga sebagai radang gusi, menyebabkan gusi menjadi iritasi hingga akhirnya bengkak. Kebanyakan orang tidak menyadari penyakit ini karena gejalanya sangat ringan dan sepele, akan tetapi apabila kita biarkan, atau tidak kita obati maka gusi bengkak ini akan bisa menyebabkan hilangnya gigi lho! Sebab gusi yang bengkak akan menyelimuti gigi dengan gusi. Penyebab Gingivitis itu sendiri karena buruknya kebersihan mulut dan gigi, adanya plak menumpuk pada garis antara gusi dan gigi. Apa itu plak? Yaitu lapisan yang terdiri atas sisa partikel makanan yang menempel pada gigi dari waktu ke waktu, ditambah lagi dengan bakteri yang merugikan gigi.
 Apabila sudah melekat di gigi dan tidak dibersihkan, maka akan tumbuh menjadi karang gigi yang keras dan berwarna kekuningan bahkan kehijauan. Apabila sudah tumbuh jadi karang gigi, maka sulit dibersihkan kecuali ke dokter gigi.

2. Kehamilan. Mengandung merupakan sebuah anugerah yang Maha Esa dan sangat unik. Sebab banyak hal yang bisa terjadi kepada seorang ibu yang tengah mengandung, salah satunya gusi bengkak. Bukan karena tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi, melaikan karena adanya perubahan hormon yang tak bisa kita tolak. Saat hamil, hormon yang tak stabil bisa meningkatkan aliran darah di gusi. Dikarenakan adanya peningkatan aliran darah, maka bisa menyebabkan gusi mudah teriritasi hingga gusi bengkak.
 Adanya perubahan hormonal ini akan menghambat kemampuan melawan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi gusi. Apabila tidak dilakukan pengobatan, maka kemungkinan besar bisa terjangkit gingivitis.

4. Selain penyebab gusi bengkak di atas, ada juga malnutrisi kekurangan vitamin B dan C. Hal itu bisa menyebabkan terjadinya gusi bengkak. Jadi saat kita kekurangan vitamin C, maka kita bisa terjangkit scurvy. Penyakit yang menyebabkan anemia dan penyakit gusi.

           Baca juga : cara mengobati gusi bengkak karena tumbuh gigi geraham

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Tradisional

Untuk mengobati gusi bengkak, bisa menggunakan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut di dokter gigi. Meminum obat-obatan yang diberikan oleh dokter gigi juga akan membantu kita untuk mengatasi gusi bengkak. Akan tetapi, jika tak ingin terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia, maka kita bisa memilih cara alami dan tradisional untuk mengobati sakit gusi.

Beberapa ramuan kumur-kumur alami dan obat oles herbal untuk gusi bengkak, dirangkum di bawah ini :

a) Kulit andong : Kulit andong memiliki khasiat untuk meredakan gusi yang bengkak. Cara membuatnya juga sangat mudah dan tidak butuh alat. Bersihkan kulit andong dengan air mengalir, lalu kunyah sampai halus dan campur dengan garam dapur, tempelkan kunyahan di gusi yang bengkak.

b) Larutan garam : Tips mengobati gusi bengkak dan bernanah kedua adalah larutan air garam . Jika menggunakan larutan garam, maka gunakan larutan ini untuk berkumur setidaknya tiga kali sehari sampai gusi bengkak kita reda. Caranya larutkan dua sendok garam dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

c) Jeruk nipis :tips selanjutnya yaitu cara mengobati gusi bengkak karena panas dalam dengan menggunakan jeruk nipis namu sebaiknya Waktu untuk menggunakan larutan jeruk nipis dengan air hangat ini adalah sebelum tidur dan pagi hari saat kita baru bangun tidur. Caranya cukup peras sebuah jeruk nipis lalu campurkan airnya pada segelas air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur.

             Baca juga : Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Berdarah

d) Minyak cengkeh : ternyata minyak hasil ekstraksi biji cengkeh ini memiliki khasiat untuk mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang lho! Caranya cukup olesi bagian yang sakit dengan minyak cengkeh yang diteteskan ke kapas.

e) Bawang merah : Selain menambah nikmat masakan, ternyata bumbu masak ini bisa meredakan gusi bengkak juga! Cukup parut bawang merah sampai halus lalu tempelkan pada gusi yang bengkak. Walaupun aroma dan baunya sangat pekat, tetapi khasiatnya mampu mengempeskan gusi yang bengkak dengan cepat.

f) Pijatan gusi : Cara ini dipercaya bisa meredakan gusi yang bengkak, cukup bermodalkan jari telunjuk yang bersih. Caranya adalah gunakan telunjuk untuk memijat bagian gusi yang bengkak, lakukan gerakan memutar dan berulang-ulang. Lakukan dengan lembut ya!

g) Menggunakan madu : Semua tahu jika madu memiliki khasiat luar biasa untuk aneka masalah kecantikan dan kesehatan. Menggunakan madu yang dioleskan ke bagian gusi yang bengkak juga bisa membantu penyembuhannya lho. Cukup oleskan madu secukupnya tiga kali sehari pada gusi yang bengkak, lakukan terus sampai reda bengkak di gusi.

h) Hindari stres : Jangan salah, sakit dan tertekan pikiran bisa mengakibatkan banyak masalah pada tubuh. Bahkan gusi yang bengkak sekalipun! Oleh karena itu, hindari stres agar tubuh selalu sehat dan segar. Usahakan untuk selalu rileks, cobalah untuk selingi waktu kerja sambil mendengarkan musik instrumental atau musik yang kita suka. Tak perlu keras-keras, menggunakan headset pun bisa.

            Baca juga :Obat Gusi Bengkak Tradisional Dan Alami Aman Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Bagaimana? Sudah menemukan cara yang paling pas untuk mengobati gusi bengkak? Yang jelas kita harus tahu dulu, apa penyebab gusi bengkak yang kita alami. Jadi kita bisa memilih apa pengobatan yang paling tepat untuk meredakan gusi sakit tersebut. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dan hindari pedas berlebihan, supaya terhindar dari resiko panas dalam dan gusi bengkak.
Loading...

Artikel Terkait