Harga dan Biaya Membersihkan Karang Gigi di Rumah sakit , di Puskesmas

Harga dan Biaya Membersihkan Karang Gigi . Sebelum gigi kita memiliki karang mengkarat dan merusak gigi dan menjadi hitam maka harus anda bersihkan dan juga dihilangakan adapun cara membersihkan karang gigi yang paling simple adalah dengan berangkat ke rumaha sakit atau puskesmas dengan mengunjungi dokter gigi yang diasana . Namun sayangnya berurusan dengan dokter buka seperti berurusan dengan pak Kiai yang jadi tabib murah meriah dan bahkan kadang gratis .

Harga dan Biaya Membersihkan Karang Gigi di Rumah sakit , di Puskesmas


Dalam mengurus karang gigi yang paling baik dan efektif adalah mencegah terjadinya pembentukan karang gigi , yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi, jadi walaupun Anda telah menyikat gigi 2 kali sehari tetapi dalam metode menyikatnya tidak benar sehingga kebersihan tidak optimal maka karang gigi juga dapat terbentuk.

Pembersihan karang gigi harus penting dilakukan, sebab karang gigi dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya keradangan gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu keradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi dan selain itu karang gigi juga merupakan tempat bakteri berkembangbiak .

Menghilangakan karang gigi dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian,alat ultrasonic ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar.
 
1. Alat ultrasonik (ultrasonic scaler)
 Ultrasonic scaler tip merupakan alat yang dirancang khusus untuk membersihkan dental calculus hingga daerah yang sulit dijangkau, seperti bawah gusi.

Alat ini dapat membersihkan kotoran mengeras (karang) pada gigi dengan hasil optimal. Ultrasonic scaler bekerja dengan memberikan getaran ultrasonik untuk memecah karang gigi dengan menempelkan atau menempatkan bagian ujungnya yang berbentuk runcing tepat pada karang gigi.

Bagian ujung ultrasonic scaler menyemprotkan air yang ditujukan untuk mengurangi panas karena gesekan alat dengan gigi dan membilas bekas pecahan karang gigi agar menjaga permukaan gigi tetap steril atau bersih.

Timbul berbagai aksioma mengenai alat ini, seperti bentuk runcingnya alat ultrasonik dan getaran yang dihasilkan dapat merusak email. Jawabannya tidak bisa sepenuhnya benar ataupun salah. Jika digunakan dengan benar dan dilakukan oleh dokter yang kompeten di bidangnya, tidak ada efek merusak lapisan email hingga dentin. Tetapi, beberapa pasien memang butuh perhatian khusus saat menggunakan alat ini karena pembentukan email yang tidak sempurna sehingga riskan terhadap kerusakan email.

2. Alat pembersih manual (scaler manual atau hand instrument)
harga membersihkan karang gigi
Cara menghilangkan karang gigi setelah memanfaatkan vibrasi alat ultrasonik adalah menggunakan scaler manual, fungsinya mengoreksi dan memastikan hasil kerja ultrasonic scaler.

Biaya Pembersihan Karang Gigi

Saat ini, baik di rumah sakit ataupun puskesmas, scaling lazim menggunakan scaler otomatis, yakni ultrasonic scaler karena dianggap paling maksimal dalam memberi hasil.

Biaya perawatan scaling ini sangat bervariatif, tergantung di mana dan pada siapa Anda menempatkan pilihan. Namun, pada umumnya proses pembersihan karang gigi ini dikenakan biaya antara Rp. 150 - 800 ribu (selain di puskesmas).

Apabila Anda hendak melangsungkan scaling, namun terhambat oleh keraguan karena mengetahui biaya yang dikenakan cukup variatif. Ada baiknya hubungi dulu klinik atau rumah sakit yang akan Anda kunjungi, jangan lupa buat janji dengan dokter gigi yang bersangkutan. Demikian artikel tentang Membersihkan Karang Gigi di Rumah sakit , di Puskesmas semooga memberi manfaat pada sobat semua . Baca artikel tentang kesehatan gigi sebelumnya dan sesudahnya .
Previous Post
Next Post