Karies Gigi pada Anak usia sekolah dan Balita Serta Cara Mencegahnya

ini artikel tentang Karies Gigi pada Anak usia sekolah dan Balita Serta Cara Mencegahnya yang sering menimpa anak anak usia masih dini , Simak penjelsannya di artikel Ini : .
Karies Gigi pada Anak sering kita lihat dianak usia dini masih gigi susu ada banyak hal yang mendatang masalah gigi yang satu ini sehingg kita sebagaai orang tua harus cerdas merawat anak dan giginya agar tidak mengalami gigi karies . Apa sih karies gigi itu ? inilah yang mau kita bahas pada kesempatan ini .

 Karies Gigi pada Anak usia sekolah dan Balita Serta Cara Mencegahnya

Karies gigi sendi ialah sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi.Penyakit ini menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak ditangani, penyakit ini bisa membua nyeri, penanggalan gigi, infeksi, berbagai kasus berbahaya pada penderinta karies .

Ada beberapa macam golongan karies gigi. Walaupun apa yang terlihat dapat berbeda, faktor-faktor risiko dan perkembangan karies hampir serupa. Mula-mula, lokasi terjadinya karies dapat tampak seperti daerah berkapur namun berkembang menjad lubang warna coklat dan hitam . Walaupun karies mungkin dapat saja dilihat dengan mata telanjang, kadang-kadang diperlukan bantuan radiografi untuk mengamati daerah-daerah pada gigi dan menetapkan seberapa jauh penyakit itu merusak gigi.
Karies Gigi pada Anak

Lubang gigi disebabkan oleh beberapa tipe dari bakteri penghasil asam yang dapat merusak karena reaksi fermentasi karbohidrat termasuk sukrosa, fruktosa, dan glukosa.] Asam yang diproduksi tersebut memengaruhi mineral gigi sehingga menjadi sensitif pada pH rendah. Sebuah gigi akan mengalami demineralisasi dan remineralisasi. Ketika pH turun menjadi di bawah 5,5, proses demineralisasi menjadi lebih cepat dari remineralisasi. Hal ini menyebabkan lebih banyak mineral gigi yang luluh dan membuat lubang pada gigi.

Karies pada gigi anak janganlah dianggap sepele, karena ini akan berpengaruh pada kesehatan gigi anak pada masa depannya. Karies gigi atau gigi berlubang akan berpengaruh terhadap jaringan yang terdapat dalam mulut. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus mutans ditandai dengan gejala awal munculnya lapisan pada gigi yang lengket dan melapisi permukaan gigi. Inilah yang disebut plak yang didalamnya mengandung zat asam pemicu karies gigi. Adanya zat asam ini membuat jaringan keras pada gigi jadi larut sehingga muncullah karies gigi.

Cara Mencegah Kries gigi sebelum

Pencegahan dan pengobatan karies pada gigi anak bisa dilakukan dengan mudah . Peratama dalam ini kita mencegah kries gigi sebelum anak menpatakannya . Yuk kita lihat tips atasi karies gigi .

  1. Ajarkan anak untuk membiasakan gosok gigi baik setelah makan maupun sebelum tidur
  2. Bersihkan permukaan gigi dari plak yang menempel agar sisa-sisa umakanan terangkat
  3. Kurangi mengkonsumsi yang manis-manis seperti buah, permen, dan coklat
  4. Rajinlah berkumur setelah makan atau minum sesuatu terutama setelah minum yang manis
  5. Hindari konsumsi soda atau minuman
  6. Periksakan kesehatan gigi dengan teratur untuk mencegah munculnya karies gigi pada anak

Cara Mencegah Karies gigi Sudah Terlanjur ada pada Gigi Anak

Jika sebelumnya dala mencega karies gigi dicegah sebelum timbul maka disisini untuk mencegahnya jika sudah terlanjur ada pada gigi . Apa saja langkah-langkahnya ? yuk lihat di bawah ini :

  1. Tahap awal yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan areal gigi menggunakan kasa atau sikat gigi secara rutin.
  2. Memeriksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan agar karies tidak berkembang dan meluas
  3. jika gigi sudah berlubang biasanya dokter akan membuang sebagian gigi yang rusak dan menambalnya. Namun sebelumnya dokter gigi akan membersihkan gigi yang berlubang tesebut dari sisa-sisa makanan.
  4. Namun bila kerusakan gigi tersebut sangat parah dan saraf giginya mati, maka dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk mencabutnya. Sebab gigi anak yang mengalami pengeroposan biasanya masih gigi susu jadi kalau dicabut masih bisa digantikan oleh tumbuhnya gigi baru yang lebih sehat dan bagus dengan gigi permanen
  5. Sedangkan bila yang terkena karies gigi adalah gigi permanen, sebaiknya dilakukan perawatan gigi khusus untuk mempertahankannya. bagai mana bunda mudahkan ? Semoga artikel ini dapat membantu bunda .
Loading...

Artikel Terkait