Alat Pembersih Karang Gigi Manual , Scaler , dan Elektrik

Alat Pembersih Karang Gigi  . Karang gigi lama-lama akan membuat gigi anda kadi rusak dan sakit sehingga sebaiknya anda melakukan pembersiahan karang gigi sejak terasa ada sisa makanan yang menempel dalam mulut sebab sisa-sisa makanan ini merupakan bahan pokok terbentuknya karang gigi anda . Oelah karena itu rajin-rajinlah sikat gigi dan berkumur-kumr setelah makan agar kamu tidak memiliki karang gigi . Jika anda terlanjur sudah memiliki karang gigi maka butuh alat sebagai pembersih karang gigi . Apa saja yang bisa digunakan ? itulah pokok bahasan kita .

Alat Pembersih Karang Gigi Manual yang

Ada banyak Alat membersihkan karang gigi mulai dari yang gratisan sampai yang mahal karena pembersih karang gigi bisa dilakukan dengan mudah dan bahan alami seperti abu bekas bakaran gabah padi dan ada juga dengan gosok gigi dan alatt khusus dari dokter gigi .  Untuk lengkapnya silahkan lihat alat-alat pembersih karang gigi di bawah ini :
Alat Pembersih Karang Gigi Manual

1. Sikat Gigi
 Peratama adalah sikat gigi , Sikat gigi merupakan Salah satu alat untuk membersihkan karang pada gigi dan mencegahnya adalah menyikat gigi secara teratur. Lakukan sikat gigi dua kali sehari atau minimal satu kali sebelum Anda tidur di malam hari.
Pastikan Anda menyikat gigi dengan benar, sikat semua bagian gigi dengan gerakan dari atas ke bawah. Pertimbangkan menggunakan sikat gigi elektrik karena lebih efektif membersihkan plak 10-40% ketimbang sikat gigi biasa. Jangan lupa utk membersihkan lidah Anda menggunakan alat pembersih lidah (atau gunakan sikat gigi secara perlahan).

2. Flossing (Benang Gigi)
Flossing memiliki juga  fungsi sama pentingnya dengan menyikat gigi untuk membersihkan plak pada gigi. Benang gigi mampu menghilangkan plak yg berada diantara permukaan gigi Anda dimana sikat gigi tidak dapat mencapainya.

3. Scaler manual atau hand instrument

Cara menghilangkan karang gigi setelah memanfaatkan vibrasi alat ultrasonik adalah menggunakan scaler manual, fungsinya mengoreksi dan memastikan hasil kerja ultrasonic scaler.


4. Alat ultrasonik (ultrasonic scaler)

Alat ini dapat membersihkan kotoran mengeras (karang) pada gigi dengan hasil optimal. Ultrasonic scaler bekerja dengan memberikan getaran ultrasonik untuk memecah karang gigi dengan menempelkan atau menempatkan bagian ujungnya yang berbentuk runcing tepat pada karang gigi.

Bagian ujung ultrasonic scaler menyemprotkan air yang ditujukan untuk mengurangi panas karena gesekan alat dengan gigi dan membilas bekas pecahan karang gigi agar menjaga permukaan gigi tetap steril atau bersih.

Timbul berbagai aksioma mengenai alat ini, seperti bentuk runcingnya alat ultrasonik dan getaran yang dihasilkan dapat merusak email. Menurut saya peribadi ini tidak bisa dianaggap benar atau pun salah . Bila  digunakan dengan benar dan dilakukan oleh dokter yang kompeten di bidangnya, tidak ada efek merusak lapisan email hingga dentin. Tetapi, beberapa pasien memang butuh perhatian khusus saat menggunakan alat ini karena pembentukan email yang tidak sempurna sehingga riskan terhadap kerusakan email. Alat pembersih karang gigi ke 4 adalah terkhir dalam artikel ini .Semoga manfaat .


Previous Post
Next Post