Cara Mengatasi Bau Badan Dan Keringat Berlebih Secara Alami

Cara mengatasi bau badan – Bau badan dan keringat berlebih merupakan hal yang paling sering di alami oleh manusia baik pria maupun wanita. Apalagi jika kita beraktifitas berat dan berada di luar ruangan maka keringat akan muncul dalam jumlah banyak. Keringat sendiri sebenarnya tidak memiliki bau, akan tetapi bakteri menyebabkan keringat tersebut menjadi bau. Bau badan dan keringat berlebih menjadi permasalahan yang besar ketika kita sedang berjumpa dengan seseorang dan orang tersebut mencium bau yang kurang sedap dari diri kita. Orang di sekitar Anda akan merasa jijik dan kurang nyaman jika kita mengeluarkan bau yang kurang sedap.

Penyebab bau badan dan keringat berlebih

Sebelum kita membahas cara mengatasi bau badan Keringat Berlebih maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab dario bau badan itu sendiri.

Bagaimana Cara Mengatasi Bau Badan Dan Keringat Berlebih Secara Alami

Cara Mengatasi Bau Badan Dan Keringat Berlebih Secara Alami

Berikut akan kami sampaikan beberapa penyebab bau badan dan keringat berlebih.
  1. Keringat dan bakteri
    Penyebab bau badan sudah kita ketahui yaitu keringat yang bercampur dengan bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Penghasil kelenjar dalam tubuh kita adalah kelenjar accrine dan apocrine. Kelenjar accrine dan kelenjar apocrine masing – masing memilki peranan berbeda – beda pada tubuh kita. Kelenjar accrine akan menghasilkan kelenjar bening dan tidak beraroma. Kelenjar ini sudah ada sejak kita bayi. Kita bisa menemui jenis kelenjar ini pada dahi, punggung dan juga telapak tangan. Untuk kelenjar apocrine akan keluar pada tempat – tempat tertentu, seperti ketiak, hidung dan kemaluan di mana rambut tumbuh. Produksi dari kelenjar ini akan meningkat manakala kita sedang pubertas, kaeringat tersebut akan bercampur dengan bakteri dan akan menjadi sumber penyebab bau badan. Tanpa kita sadari bau badan ini akan mengurangi rasa percaya diri kita bila sedang berhadapan dengan orang lain. Meski sudah memakai parfum, akan tetapi bau badan tetap akan tercium karena parfum juga kan hilang baunya seiring berjalannya waktu.
  2. Bau badan yang di sebabkan oleh penyakit lain
  3. Bau badan kadang juga bisa di sebabkan oleh penyakit lain seperti pada penderita diabet, penderita gangguan metabolik, sembelit kronis. Jika bau badn ini muncul karena penyakit ini maka cara mengatasi bau badan wanita pun akan semakin sulit.
  4. Sistem pola hidup yang tidak sehat
    Semua penyakit biasanya bersumber pada gaya hidup yang tidak sehat diantaranya adalah tidak rutin mandi, kurang menjaga kebersihan pakaian, dan tidak memilih pakaian atau memakai pakian yang kurang bersih.
  5. Makanan yang bisa menjadi penyebab bau badan
    Selain itu terdapat makanan yang dapat memicu bau badan dan juga keringat berlebih seperti makanan yang pedas, bawang baik bawang merah juga bawang putih, kol, kubis dan minuman beralkohol.
  6. Stress
    Stress yang berlebih juga dapat memicu munculnya bau badan dan juga keringat berlebih. Kelenjar apokrin akan menghasilkan keringat kering atau keringat yang kurang berair sehingga bakteri dari lemak dan juga protein akan bercampur.

Tips Mengatasi bau badan dengan bahan alami

Setelah kita mengetahui penyebab dari bau badan , maka kita akan membahas cara mengatasi bau badan dan keringat berlebih secra alami. Bahan yang di dapat pun dapat kita ambil dari lingkungan sekitar kita sehingga menjadi efisien, hemat dan juga tanpa efek samping karena bersifat alami, berikut ulasannya:
  1. Cara mengatasi bau pada badan dengan jahe
    Rempah – rempah satu ini memiliki rasa yang pedas dan memberikan rasa hangat. Jahe ini biasa di manfaatkan untuk bahan minuman atau wedang dan kadang di jadikan minyak untuk pijatan atau untuk mengurut. Manfaat lain dari jahe ini adalah sebagai obat untuk mengatasi bau badan. Cara mengatasi bau badan anak pada remaja menggunakan jahe adalah dengan meminum jahe yang di rebus atau di parut kemudian di peras sarinya. Anda juga bisa menggunakan parutan jahe yang di parut sebagai obat oles untuk ketiak Anda dimana ketiak adalah pusat dari bau badan.
  2. Cara mengatasi bau pada badan dengan kecombrang
    Kecombrang dalam masyarakat garut di sebut honje atau kantan. Kecombrang sering dimanfaatkan untuk rujak yaitu daun dan buahnya. Kecombrang ini memiliki rasa yang asam. Kecombrang bisa di gunakan sebagai cara mengatasi bau badan secara alami yaitu dengan mengkonsumsinya. Atau juga bisa di haluskan dengan menumbuknya dan oleskan pada bagian – bagian yang berbau.
  3. Cara mengatasi bau pada badan dengan daun beluntas
    Tumbuhan semak ini bercirikan memiliki rusuk yang halus, bercabang banyak, dan juga berbulu lembut. Tanaman ini tumbuh liar dan biasanya di jadikan tanaman pagar. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 3 meter. Cara mengatasi bau badan tak sedap menggunakan daun beluntas adalah dengan mengkonsumsinya seabgai lalapan atau juga bisa di jadikan sayuran.
  4. Cara mengatasi bau pada badan dengan daun jambu biji
    Banyak sekali kandungan nutrisi pada daun jambu biji, yaitu asam oleanolat, vitamin, minyak atsiri, asam guajaverin dan tanin yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan tubuh kita. Daun jambu biji ini bisa di manfaatkan untuk mengatasi bau badan yaitu dengan cara menyiapkan beberapa lembar daun jambu biji, cuci hingga bersih dan haluskan dengan cara di tumbuk. Rebus tumbukan daun tadi dengan air hingga mendidih, tambahkan sedikit gula agar rasanya tidak begitu masam. Minum secara rutin yaitu satu minggu sekali.
  5. Cara mengatasi bau pada badan dengan daun singkong
    Daun singkong sering di gunakan untuk menurunkan berat badan bagi yang memiliki berat badan berlebih. Daun singkong juga bisa di jadikan cara mengatasi bau badan remaja yaitu dengan di jadikan lalapan atau di masak menjadi sayur.
  6. Cara mengatasi bau pada badan dengan bunga mawar
    Bunga mawar yang begitu indah dan harum ini juga bisa di gunakan untuk mengatasi bau badan. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan menghaluskan bunga mawar yang juga di campur dengan air agar halus, lalu saring hingga bersih dan oleskan pada ketiak, alkukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Butuh and abaca ini jika anda suka rending jengkol: Cara Menghilangkan Bau Jengkol Di Mulut Dan Kencing Dengan Cepat Yang Efektif.

Cara mencegah bau badan

Sebelum Anda mengalami masalah bau badan, ada baiknya Anda mencegah bau badan sebelum muncul pada Anda. Berikut adalah cara mencegah dan juga cara mengatasi bau badan ketika hamil atau tidak:
  • Terapkan pola hidup yang sehat
  • Mandi secara rutin minimal mandi sehari 2 kali
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang menjadi penyebab bau badan
  • Jangan pernah tinggalkan olahraga agar badan tetap fit
  • Pakai deodoran atau antiperspiran ketika akan pergi meninggalkan rumah
  • Pakai pakaian yang mudah menyerap keringat
  • Bersihkan dan ganti baju Anda secara rutin jika merasa kotor
Itulah beberapa cara mengatasi bau badan dan keringat berlebih secara alami yang dapat Anda praktekkan di rumah. Anda harus sabar dan rutin dalam menerapkan cara ini, karena cara alami membutuhkan waktu yang relatif lama akan tetapi cara alami minim akan efek samping dan bahannya mudah di dapat. Anda siap mencoba? Sekian dan terima kasih dari sakitgi2.blogspot.com.
Previous Post
Next Post