Cara Mencegah Bau Mulut Dan Nafas Tak Sedap Saat Puasa Dan Tidak Puasa

Obat Bau mulut – Ketika kita sedang berkomunikasi dengan orang lain secara langsung kadang mulut kita berbau tidak sedap, sehingga kita merasa tidak nyaman dan merasa kurang percaya diri jika mulut kita mengeluarkan bau menyengat pada mulut dan nafas yang kurang sedap. Kadang kita kurang sadar apakah mulut kita bau atau tidak, kita sering mendeteksi bau mulut dengan meniupkan nafas ke tangan kita dan kita mencium tangan kita, bau atau tidak. Sebenarnya cara ini kurang efektif untuk memastikan apakah mulut dan nafas kita berbau atau tidak. Kita bisa menggunakan cara dengan kita menjilat tangan kita yang sebelumnya telah di bersihkan dengan air. Diamkan selama beberapa menit hingga air liur yang tadinya basah di tangan menjadi kering. Setelah kering cium apakah bau itu menyengat atau tidak.

Penyebab bau pada mulut.

Salah satu penyebab bau yang kurang sedap pada mulut adalah sariawan. Sariawan ini akan menimbulkan nanah dan juga bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan bau pada mulut. Orang yang sering merokok juga memiliki bau mulut yang tidak enak. Dan yang paling mempengaruhi bau pada mulut dan nafas adalah adanya gigi yang berlubang. Gigi yang berlubang akan membuat sisa makanan membusuk pada sela – sela gigi dan menyebabkan bau tak sedap.

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Dan Tidak Puasa

Tips mencegah bau mulut dan nafas tidak sedap

Mengatasi bau kurang sedap pada mulut dapat kita lakukan dalam setiap aktifitas kita, asal kita lakukan dengan rutin dan teratur. Berikut tips mencegah bau pada mulut dan nafas tak sedap saat tidak puasa.

  • Rajin menggosok gigi
    Dengan kita rajin menggosok gigi maka tidak akan ada lagi sisa makanan pada gigi sehingga bau pada mulut akan dapat di hindari. Akan tetapi jangan melakukan kegiatan menggosok gigi terlalu keras karean akan merusak enamel gigi dan justru akan merusak gigi kita. Gosok gigi minimal 2 kali dalam sehari.
  • Gunakan benang gigi
    Benang gigi akan membantu gigi terhinadra dari sisa makanan yang tidak bisa di angkat oleh sikat gigi.
  • Obat kumur anti – bakteri
    Obat kumur dapat kita gunakan untuk menghilangkan karang gigi dan juga membunuh bakteri di mulut penyebab bau mulut. Setiap bangu tidur Anda bisa berkumur menggunakan obat kumur ini.
  • Membersihkan lidah
    Bakteri penyebab bau tak sedap pada mulut juga bisa terdapat pada lidah, jadi tidak hanya ada di sela – sela gigi. Jadi Anda bisa membersihkan lidah dengan pasta gigi atau juga bisa menggunakan pembersih lidah khusus.
  • Mulai berhenti merokok
    Merokok pada pria memang sulit untuk di hentikan, akan tetepai dengan Anda tidak merokok maka bau mulut akan berkurang.
  • inadri permen manis
    Permen yang manis akan menimbulkan bakteri pada mulut. Anda bisa memilih permen karet yang bebas gula untuk merangsang air liur pada mulut sehingga bakteri tidak mudah berkembang.
  • Minum banyak air putih
    Dengan banyak meminum air putih maka mulut tidak akan menjadi kering, sehingga bau kurang sedap pada mulut akan terhindari. Air minum putih juga dapat emncegah adanya dehidrasi.
  • Waspadai penyakit gusi
    Tidak hanya gigi saja yang ada bakterinya, akan tetapi pada gusi juga terdapat bakteri penyebab bau mulut.
  • Siapkan buah – buah yang segar
    Dengan kita mengkonsumsi buah – buahan segar maka nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi, tidak hanya itu mulut juga akan tidak bau jika kita banyak mengkonsumsibuah – buahan segar. Contoh buah yang baik untuk mencegah bau pada mulut adalah alpukat, lemon, strowberry,buah pir, jambu biji.
  • Minum teh hijau
    Teh hijau sering di gunakan untuk menjaga kesehatan karena kandungan anti oksidan yang tinggi, akan tetapi teh hijau juga dapat mengatasi bau pada mulut yang tidak sedap.
  • Banyak makan makanan yang banyak mengandung vit C
  • Berkunjung ke dokter
    Dengan kita berkunjung ke dokter maka kita akan terbebas dari semua masalah pada mulut. Anda bisa memerksakan diri ke dokter setiap 6 bualn sekali.

Cara Mengatasi bau mulut dan nafas tidak sedap dengan obat-obatan alami

Selain cara di atas bau mulut dan nafas tak sedap juga dapat di atasi dengan obat – obatan berbahan alami yang dapat kita buat sendiri di rumah. Langkah ini akan sangat mendukung apabila Anda benar – benar ingin menghilangkan bau pada mulut yang tidak sedap. Berikut langkahnya.

  1. Menggunakan Ketumbar
    Ketumbar merupakan rempah – rempah pendukung bumbu untuk memasak, akan tetapi ketumbar juga bisa kita gunakan untuk mencegah bau tak sedap pada mulut, yaitu dengan merebus ketumbar hingga mendidih lalu saring dan minum ramuan ini rutin.
  2. Menggunakan jeruk nipis dan madu
    Ramuan ini mudah sekali di buat yaitu dengan memeras perasan air jeruk nips dan campur dengan madu, lalu minum secara rutin. Selain itu ramuan ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan batuk secara alami.

Pencegahan agar bau mulut dan nafas tidak sedap tidak muncul kembali

  1. Langkah pencegahan merupakan langkah awal agar natinya kita tidak memiliki masalah bau mulut dan nafas. Berikut ini adalah langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan:
  2. Jika sedang bepergian selalu siapkan perment mint dalam saku Anda. Hal ini di perlukan dalam keadaan mendesak permen mint ini akan menolong Anda.
  3. Anda bisa menyediakan yogurt pada menu pagi Anda. Yogurt ini bisa di sajikan tanpa gula. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan bau tak sedap pada mulut. Anda juga bisa mengkonsumsi keju rendah tapi tinggi kalsium.
  4. Berbeda lagi ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa, saat puasa kita di larang melakukan kegiatan yang membatalkan puasa, seperti makan permen. Lalu seperti apa car mencegah nafas tak sedap dan bau mulut ketika berpuasa? Simak ulasannya di bawah ini.lihat ini:
  5. Makanan Penyebab Bau Badan Pada Wanita Dan Pria.


Penyebab bau pada mulut ketika puasa

Saat berpuasa, produksi saliva kita menjadi berkurang sehingga bakteri pada mulut akan lebih cepat berkembang dan menjadi penyebab bau mulut. Masalah bau pada mulut dan juga nafas juga bisa terjadi pada orang yang menderita diabetes dan memiliki riwayat penyakit maag.

Cara mencegah bau pada mulut dan nafas tak sedap saat puasa


  • Setelah sahur usahakan selalu sikat gigi dengan bersih, agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut kita.
  • Biasakan minum air putih 3 gelas air putih ketika sahur agar mengurangi kekeringan pada mulut ketika puasa. Banyak minum air putih dapat menjaga kita agar terhindar dari dehidrasi.
  • Berkumur ketika mau sholat akan menjaga mulut dari bau tak sedap.
  • Anda bisa meminum teh hijau saat berbuka dan ketika sahur. Teh hijau ini akan membantu membersihka plak gigi dari sisa gula dan juga kandungan catechin dan juga polyphenol pada teh hijau akan membunuh kuman.
  • Hindari makan makanan yang lengket ketika berbuka puasa seperti es krim, cokelat, kue basah dan biskuit.

Jangan makan makanan yang berbau tajam seperti jengkol, petai, buah nangka dan durian.
Itu tadi beberapa uraian dari sakitgi2.blogspot.com mengenai cara mencegah bau mulut dan nafas tak sedap saat puasa dan tidak puasa yang dapat kami sampaikan. Semoga menjadi bahan informasi bagi Anda. Selamat mencoba dan terima kasih.
Previous Post
Next Post