Apa Penyebab Bau Mulut Akut Pada Anak Dan Orang Dewasa Dan Cara Mengatasinya

Bau mulut kelihatannya merupakan kondisi yang tidak begitu serius bagi kita. Namun orang lainlah yang akan mendapatkan aroma yang kurang enak sehingga timbulah ketidaknyamanan dalam bersosialisasi. Seseorang yang mempunyai masalah dengan bau mulut biasanya secara otomatis akan di jauhi orang lain karena mereka merasa tidak enak ketika berbicara dengan orang yang nafasnya bau. Penyebab Bau Mulut akut ini sangatlah beragam, dan juga bau mulut ini tidak hanya di alami para orang tua namun pada anak – anak pun juga bisa mengalaminya. Meskipun bau mulut ini terbilang wajar, tetapi jika di diamkan saja akan menjadi bau mulut kronis.

Pada dasarnya Penyebab Bau Mulut pada orang dewasa dan anak ini dapat berasal dari gigi, lidah dan tenggorokan. penghasil bau mulut termasuk dalam golongan bakteri yang dapat menghasilkan belerang. Bakteri tersebut akan berada di daerah permukaan lidah, tenggorokan dan sekitar amandel. Sebenarnya semua orang memiliki bakteri ini, karena bakteri berperan dalam membantu melarutkan makanan yang memiliki kandungan protein yang di ubah menjadi asam amino. Apabila di dalam mulut tidak terdapat bakteri, maka proses metabolisme akan terganggu, bakteri akan bertemu dengan protein kemudian akan mengeluarkan beberapa zat seperti belerang, metal dan beberapa senyawa lainnya yang dapat menimbulkan bau mulut tak sedap.

Apa Penyebab Bau Mulut Akut Pada Anak Dan Orang Dewasa Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bau Mulut Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Salah satu cara untuk bisa mengetahui mengapa mulut kita berbau, ialah dengan mencari apa penyebabnya. Holitosis atau bau mulut terkadang muncul akibat dari masalah yang sepele sepeti karena kurang mejaga kebersihan mulut dengan baik. Tetapi selain itu, masalah bau mulut juga bisa menjadi pertandakondisi medis yag serius. berikut ini ada beberapa Penyebab Bau Mulut akut pada anak – anak dan orang dewasa, di antaranya:
  1. Penyebab Bau Mulut di sebabkan karena Kurang minum air
    Tubuh yang keurangan cairan atau dehidrasi memang tidak hanya membuat kita sering dahaga tetapi dari mulut juga akan keluar bau yang tidak sedap. Seperti orang yang sedang berpuasa, karena tidak minum maka sering kali kita menjumpai mereka dengan bau mulut yang tidak sedap. Hal ini di sebabkan karena produksi saliva/air liur berkurang ketika tubuh kekurangan caitran. Padahal air liu ini berfungsi untuk membersihkan segala bakteri yang berada di dalam mulut kita.
    Sel – sel yang ada di dalam mulut juga bisa tetap hidup karena bantuan dari saliva atau air liur itu sendiri. Jadi apabila air liur kita berkurang, sel – sel tersebut akan mati yang akhirnya akan berubah menjadi asal dari dau yang kuran sedap. 1,8 sampai 2 liter setiap hari merupakan takaran air minum yang sangat di anjurkan untuk di konsumsi, sehingga masalah tubuh terutama bagian mulut dapat terhindari.
  2. Tingginya kadar asam lambung
    Kadar asam lambung yang tinggi perlu di perhatikan, karena ketika pada tingkatan yang tinggi secara otomatis kita memiliki sakit maag serta sering kali kita bersendawa, dan ada aroma yang kurang sedap yang ikut keluar dari mulut. Aroma yang keluar ada kemiripannya dengan aroma asam cuka dan banyak yang tidak mengira bahwa asam lambung bisa juga berhubungan dengan bau mulut.
    Padahal pada kenyataanya ada juga keadaan yang lebih buruk dari ini, dimana asam lambung akan bisa mencapai sinus dan telinga bagian dalam. maka dari itu menghindari makanan manis seperti coklat, serta mengkonsumsi alkohol dan makanan pemicu naiknya asam lambung merupakan solusi tepat.
  3. Gigi kurang bersih
    Gigi yang tidak terjaga kebersihannya dapat memicu Penyebab Bau Mulut kronis. Kasus ini terjadi sekitar 85%. Dikarenakan setelah kita makan sudah pasti, sisa makanan yang kita makan akan menempel pada gigi sehingga bakteri akan senang mengonsumsinya. Bakteri selalu menyukai tempat yang lembab, hangat serta penuh sisa makanan dan basah. Nah, tempat itulah yang akan di pakai bakteri untuk berkembangbiak. Bau mulut dapat terjadi karena terdapat bakteri di sela – sela gigi karena kurangnya menjaga kebersihan daerah mulut.
  4. Lidah kurang bersih
    Tidak hanya bagian gigi saja yang perlu di perhatikan kebersihanya, tetapi selain itu juga pada bagian lidah juga sangat penting. Kebanyakan orang hanya fokus menggosok gigi serta tak lupa berkumur dengan obat kumur. Padahal selain kebiasaan tersebut, membersihkan lidah juga penting untuk di lakukan setelah menyikat gigi. Kenapa hal ini harus di lakukan karena bakteri atau kuman dapat hidup dan berkembang biak di belakang lidah. Jadi napas tetap bisa bau meskipun sudah menyikat gigi serta berkumur.
  5. Mulut kering
    Penyebab Bau Mulut, juga bisa dari keadaan mulut yang kering. Mulut yang kering bisa di akibatkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Tetapi ada kalanya kekeringan mulut terjadi karena kita sering bernafas melalui mulut. Beberapa orang yang mengalami alergi akan kesulitan bernafas melalui hidung dan karena itu mereka memilih bernafas melalui mulut. Ini yang dapat memicu mulut menjadi cepat kering. Padahal mulut yang kering akan lebih mudah mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Sehingga kesehatan saluran pernafasan dan asupan cairan harus diperhatikan dengan baik, terutama pada penderita alergi tertentu, supaya tidak berimbas pada nafas yang kurang sedap. Lihat juga artikel: Obat Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Jengkol, Pete Dan Durian.

Cara Mengatasi Bau Mulut Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Setelah sudah mengetahui beberapa Penyebab Bau Mulut, akut baik pada anak – anak dan orang dewasa. Untuk itu saatnya kita mengetahui cara mengatasinya.
  • Cara mengatasi Penyebab Bau Mulut remaja, yang pertama dengan meminum kopi hitam
    Kopi hitam adalah cara yang ampuh dan praktis untuk mengatasi bau mulut. caranya anda bisa langsung meminum kopi yang sudah di seduh atau juga bisa langsung ambil kopi hitam tersebut yang masih fres kemudian anda dapat langsung memakannya, meskipun rasanya pahit, tetapi cara ini sangatlah ampuh.
  • Meminum susu
    Cara mengatasi bau mulut yang selanjutnya dengan meminum susu. Susu yang dapat mengatasi bau mulut yaitu susu kental manis. Kandunga yang ada d dalam sus akan membuat gigi sehat serta dapat melindungi gigi dari kerusakan. Ketika gigi kita sehat maka bau mulut pun tak akan ada lagi. Cara menggunakannya sangat mudah cukup dengan anda menyeduh susu kentak manis kemudian anda minum secara rutin.
  • Kumur dengan garam
    Cara mengatasi Penyebab Bau Mulut pada orang dewasa, anda bisa gunakan dengan berkumur air garam, cara ini sangatlah oraktis dan mudah untuk di lakukan. Caranya yaitu anda siapkan 1 gelas air hangat lalu anda tambahkan sedikit garam, setelah itu anda gunakan untuk berkumur – kumur, secara rutin.
  • Gosok gigi dengan teratur
    Dengan menggososk gigi secara teratur juga bisa mengatasi bau mulut. dengan cara gosoklah gigi anda secara teruatu minimal 2 x sehari supaya bau mulut tidak meyerang anda.
Demikian, beberapa Penyebab Bau Mulut akut yang terjadi pada anak – anak dan oran dewasa serta cara mengatasinya dengan cara alami dari kami sakitgi2.blogspot.com. Mulailah dari sekarang untuk senatiasa menjaga kebersihan bagian mulut, untuk melindungi mulut dari bau yang kurang sedap. Sekian, semoga informasi ini dapat bermanfaat.
Previous Post
Next Post